Minggu, 12 Mei 2013

Robot Yang Bisa Anda Miliki

Meskipun tidak sehidup dan secanggih seperti dalam film, robot-robot sekarang sudah dapat melakukan banyak hal, mulai dari menyedot debu di lantai, mengoplos minuman, sampai membantu pemulihan pasien pasca-stroke. Berikut adalah tujuh robot rumah tangga yang dapat Anda beli sekarang juga.
iRobot Roomba
Mungkin ini adalah robot pembantu rumah tangga yang paling banyak dikenal. Roomba adalah robot bulat gepeng penghisap debu dan kotoran lain di rumah. Ia sudah terjual lebih dari 2 juta unit. Taruh robot vacuum cleaner ini di tengah ruangan, nyalakan, dan saksikan ia menyedot debu di setiap sudut ruangan, bahkan sampai ke kolong-kolong meja.
Harga: $200-$600, bergantung model. (www.irobot.com)
Paro
Ingin punya binatang peliharaan tapi ogah ngasih makan dan membersihkan kotorannya? Anjing laut berbulu ini dapat menjadi pilihan. Ia seperti campuran antara binatang peliharaan dan boneka favorit Anda.
Paro dilengkapi dengan lima tipe sensor yang dapat mendeteksi cahaya, sentuhan, suara, suhu, dan sikap badan (postur). Dengan kelima sensor itu, Paro tahu bahwa ia sedang diajak bermain, dimanja, dan bisa menanggapi panggilan namanya. Paro juga dapat mengubah perilakunya berdasarkan apa yang dilakukan pemiliknya. Sebagai contoh, jika pemilik memanggil nama Paro sambil mengusap-usap perutnya, Paro akan mengingat tindakan sebelumnya yang telah ia lakukan sehingga memperoleh perlakuan seperti itu. Ia akan mengulangi tindakannya itu agar si pemilik mengulang perlakuan yang sama.
Paro dikembangkan oleh AIST Jepang sebagai sarana terapi lanjutan di rumah sakit, di mana binatang peliharaan tidak boleh hadir. Keberadaan Paro telah menunjukkan manfaat bagi para pasien, sama seperti binatang peliharaan yang sebenarnya.
Harga: $6000 (www.parorobots.com)
Rovio
Rovio adalah robot pemantau rumah berkamera yang dilengkapi dengan fitur WiFi. Dengan Rovio, Anda dapat memeriksa kondisi tanaman di pot, pekarangan, atau objek-objek lainnya. Robot beroda ini membawa sebuah kamera head-mounted, microphone, dan LED untuk melihat di kegelapan. Ia juga memiliki GPS yang memungkinkan pemiliknya menentukan waypoint atau rute pemeriksaan yang harus ditempuh.
Meskipun ia tidak dapat merayap di dinding untuk mendapat sudut pandang dari atas, tapi kameranya terpasang pada lengan yang dapat digerakkan naik-turun dan menyamping sehingga diperoleh sudut pandang yang berbeda. Rovio dapat dikendalikan dengan ponsel atau komputer dari mana saja.
Harga: $150 (www.wowwee.com)
Vgo
Robot telepresence Vgo memungkinkan Anda berada di dua tempat secara bersamaan. Dengan robot ramping ini—tinggi 1,2 meter dan berat 7,3 kg—para penggunanya dapat melihat, mendengar, berbicara, berinteraksi, dan berkeliling ruangan seakan-akan ia ada di sana. Anda tidak hanya duduk di depan komputer, tetapi dapat memanfaatkan kamera dan sensor-sensor lain yang ada pada Vgo untuk berinteraksi dengan lingkungan. Orang lain akan tahu bahwa robot itu mewakili Anda karena “wajah” robotnya adalah sebuah iPad yang menampilkan foto Anda. Harganya yang mungkin sedikit mahal (US$5000 per buah) membuat Vgo lebih cocok untuk digunakan di kantor atau sebagai sarana pelatihan.
Robot sejenis lainnya adalah Anybots’ QB dan Willow Garage’s Texai.
Harga: $5000 (www.vgocom.com)
Autom
Autom adalah robot percakapan yang akan membantu Anda menurunkan berat badan. Ia akan mengajak Anda bicara tentang rencana makan dan latihan Anda di pagi hari, memberi Anda feedback dan semangat agar Anda tetap termotivasi. Seperti pelatih pribadi, robot dengan suara wanita ini secara konstan menyesuaikan diri dengan kondisi-kondisi yang menurut perhitungannya cocok bagi penggunanya. Robot ini dibuat oleh perusahaan Intuitive Automata Inc. yang berbasis di Hongkong.
Harga: $199 + $19,99 per bulan (http://intuitiveautomata.com)
Litter-Robot
Dengan bentuk kubah, kotak sampah ini menghilangkan pekerjaan memungut dan membuang kotoran kucing Anda. Sistem robot ini akan mengindera kapan kucing Anda keluar dari “WC”-nya, menunggu sekitar 7 menit (cukup waktu untuk kotoran mengering), kemudian memutar wadahnya sehingga kotoran yang telah terbungkus pasir akan masuk ke laci di bagian bawah. Di akhir proses, pasir yang sudah bersih dari kotoran akan dikembalikan ke tempatnya dan siap ditongkrongi lagi oleh kucing kesayangan Anda.
Harga: $349,99 (www.litter-robot.com)
Pleo
Meskipun tidak begitu berguna, kita tidak dapat mengabaikan robot bayi dinosaurus ini. Pleo, robot binatang peliharaan, dapat dipelihara sebagai dinosaurus yang baru menetas dan akan menjadi dewasa seiring waktu—berikut perubahan sifatnya dari bayi, anak-anak, remaja, sampai dewasa. Dengan berat 4 kg, Pleo bertingkah seperti peliharaan normal yang bisa lapar, capek, berubah mood, dan penuh rasa ingin tahu.

Harga: $469 (www.pleoworld.com)

 

 

Fastyle Blogger

0 komentar:

Posting Komentar