Kamis, 16 Mei 2013

10 Hasil Tambang Yang Harganya Mahal

1. Plutonium
Logam Radio aktif yang mampu mengubah seorang Bruce Banner menjadi HULK dan menjadi tenaga penggerak bagi Tony Stark untuk dapat menggunakan baju besi saktinya yang lebih kita kenal sebagai IRON MAN, merupakan suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Pu dan nomor atom 94. Ia merupakan unsur radioaktif transuranium yang langka dan merupakan logam aktinida dengan penampilan berwarna putih keperakan.
Pada tahun 1945 kota Nagasaki dan Hirosima sudah pernah merasakan betapa tidak sedapnya rasa dari sejata yang dibuat dari bahan dasar logam yang satu ini.
Karena Menjadi bahan dasar untuk pembuatan senjata nuklir, sangat reaktif, sangat langka, sangat berbahaya dan tentu saja sangat MAHAL, menjadikan Plutonium sebagai raja dari bahan tambang sejagat.
 

2. Uranium
Sama halnya dengan Plutonium, Uranium Juga merupakan bahan dasar pembuatan Bom atom, dengan tabel periodik yang memiliki lambang U dan nomor atom 92. Sebuah logam berat, beracun, berwarna putih keperakan dan radioaktif alami, uranium termasuk ke dalam seri aktinida (actinide series).
isotopnya 235U digunakan sebagai bahan bakar reaktor nuklir dan senjata nuklir.
Uranium biasanya terdapat dalam jumlah kecil di bebatuan, tanah, air, tumbuhan, dan hewan (termasuk manusia).
Sifat radio aktif dari logam jenis ini dapat memicu perubahan kode DNA kita. Bayangkan, jika mahluk hidup terkena dampak radiasi dari benda ini, bisa-bisa seekor sapi betina berubah bentuk menjadi kambing jantan berkepala lima saking kuatnya pengaruh benda ini dalam memacu reaksi mutasi genetik terhadap mahluk hidup.
Mungkin hanya Superman, Chuck Noris dan Sipitung saja yang mampu memegannya dengan tangan telanjang tanpa terkena dampak dari radiasinya yang sangat kuat.
Satu gram uranium memiliki kandungan energi setara dengan satu gerbong batu bara. Waw, dahsyat bukan. Pantas saja jika logam yang satu ini, meskipun sangat berbahaya dan langka tetap saja dicari untuk kepentingan sumberdaya energi, itu yang membuat harganya menjadi selangit, segunung dan sekampung.
 
3. Intan
Jika pohon beringin merupakan lambang partai golkar, maka berlian sendiri adalah Lambang keabadian dan keindahan. Pernahkah anda membaca suatu artiket tentang pena termahal di dunia, hand phone termahal di dunia, bahkan celana dalam termahal di dunia, itu semua di karenakan benda benda tersebut telah ditempeli dengan batu nan cantik ini, coba saja kalo tidak percaya, lepas semua berlian dari Hand Phone tersebut, maka nilainya akan langsung jatuh nyungsep seperti Dono Warkop yang apes pada saat naik sepeda yang rem-nya Blong.
Itu membuktikan bahwa betapa besarnya pengaruh batu yang satu ini dalam meningkatkan derajat dan status benda yang ditempelinya, baik itu celana dalam termahal di dunia, ataupun jari manis anda.
Berlian sendiri di kenal sebagai lambang keabadian bukan tanpa sebab, batu yang satu ini mendapatkan predikat seperti itu karena secara sifat kebendaan dia sangat keras, bahkan pernah dianggap sebagai benda paling keras di dunia, makanya berlian tidak dapat rusak karena memiliki tingkat kekerasan melebihi benda lainnya, walaupun anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Masih ada benda yang kekuatannya melebihi berlian, mau tahu! Jawabannya adalah Giginya Narji Cagur, karena selama ini tanpa kita sadari ternyata gigi Narji-lah yang membentuk berlian agar dapat di ubah menjadi perhiasan yang cantik.

 
4. Platinum
Banyak orang menganggap bahwa Platinum adalah emas putih, padahal anggapan seperti itu sangat salah, saking salahnya bisa-bisa anda dimarahi dan diusir keluar dari kelas oleh guru kimia jika anda masih ngotot menggunakan jawaban tersebut dalam mengisi lembar ujian IPA pada saat ulangan umum.
Lalu apa bedanya antara Platinum dan Emas?

Emas merupakan elemen kimia dengan nomor atom 79 yang memiliki symbol Au, berasal dari bahasa latin, Aurum yang artinya bersinar terang.  Emas murni berwarna kuning mengkilat, jika emas murni tersebut dicampurkan dengan Palladium, atau dalam bahasa populernya logam alloy, maka ia akan menampilkan evek visual berwarna putih. Nah itu yang di sebut dengan emas putih. Sedangkan platinum sendiri adalah jenis logam yang Kira-kira 12% lebih padat dibanding emas untuk per 1g/cm3.  Logam golongan ini merupakan golongan logam terlangka yang bisa ditemukan di lapisan bumi.
Sekitar 2-10 ton bijih besi diperlukan untuk mendapatkan 1 ounce Platinum murni.
Walaupun Emas dan Platinum sama sama tidak mudah teroksidasi, atom platinum bersifat lebih kalalytic dibanding atom emas.  Sebuah lapisan emas, jika tergores (tergores disini dalam arti mikro, bukan goresan yang kasat mata), atom-atom emas ini akan benar-benar hilang, meninggalkan daerah kosong yang tidak ditempati oleh atom emas.  Goresan mikro pada emas putih, jika dibiarkan kelamaan, akan menimbulkan efek kuning kumal yang kasat mata.  Beda halnya dengan platinum.  Jika sebuah lapisan platinum tergores (secara micro), atom- atom nya tidaklah benar benar hilang, namun cuma bergeser tempat.  Artinya, atom platinum masih ada.  Inilah alasan, setelah beberapa lama, sebuah perhiasan emas perlu disepuh kembali agar tetap kelihatan mengkilat seperti baru.  Untuk menyepuh emas, diperlukan logam tambahan, sesuai dengan jenis emas apa yang anda miliki.  Dalam proses penyepuhan ini (dalam kimia disebut elektroplating), kita benar- benar menambahkan atom baru ke emas tersebut.  Biasanya, emas putih akan disepuh dengan nikel atau rhodium.  Berbeda dengan platinum yang tidak perlu disepuh.  Perhiasan platinum yang terlihat tidak kinclong lagi, cukup dibawa ke toko/ahli perhiasan.  Disana, si ahli perhiasan cuma akan mem-polish/burnish platinum anda, tanpa menambahkan bahan lain ke perhiasan platinum anda.  Karena sifat inilah, platinum menjadi lebih favorit dibanding emas.  Perhiasan emas memang lebih murah, namun biaya pemeliharaannya akan jauh lebih besar dibanding perhiasan platinum.  Jadi, jika uang anda berlebih, memang lebih baik membeli perhiasan platinum.
Sama halnya seperti Berlian, Platinum juga sangat membantu dalam mengangkat derajat dan martabat benda yang ditempelinya. Coba anda perhatikan para penyayi R&B yang biasa nongol di televisi anda, sambil berteriak Yoo My Broo dan berjingkrak jingkrak, terdapat sebuah benda mirip kalung dengan bandulan yang sangat besar serta diikat dengan rantai yang tidak kalah besarnya menggelantung di leher mereka, tidak hanya itu, bahkan kadang kala gigi mereka juga sudah berubah warna, mirip seperti warna benda yang menggelantung tersebut, itulah perhiasannya para rapper OKB (orang kaya baru) yang terbuat dari Platinum. Menjadikan pembuktian bahwa mereka sudah berubah menjadi penyanyi yang sangat sukses, karena mampu membeli kalung rantai kapal terbuat dari platinum.

5. Emas
Emas yang dimaksud di sini bukanlah sebutan untuk memanggil pria jawa yang memiliki kumis menawan, melainkan sebutan yang kita berikan kepada sebuah unsur logam mulia yang memiliki penampilan kuning kinclong.
Logam Mulia, dua kata yang dapat membuat ibu-ibu rumah tangga tersenyum lebar x panjang sama dengan luas. Emas sendiri merupakan jenis logam yang sejak dahulu sudah dimuliakan oleh nenek moyang kita. Sejak jaman Firaun masih belum disunat pun emas sudah sangat dimuliakan oleh umat manusia. Semua simbol positif cenderung dikaitkan dengan jenis benda yang satu ini, contohnya adalah istilah berhati emas ditujukan untuk mendeskripsikan seseorang yang baik. Singkat kata semua suka emas, mama suka emas, papa suka emas, kakak suka emas, teteh juga suka emas.
Pertanyaannya kenapa emas menjadi sangat berharga?
Hampir semua jenis logam itu kuat dan keras, tetapi ada satu kelemahannya, yaitu KARAT, jika logam terkorosi, maka bentuk dan aromanya menjadi tidak sedap, membuat nilai dan fungsinya menjadi menurun, disitulah kelebihan emas sebagai bagian dari unsur logam, dia memiliki sifat anti karat. Emas murni sering di istilahkan dengan sebutan emas 24 karat merupakan 24/24 emas, atau 100% emas murni.
Tidak hanya itu, jumlah emas yang ada pun terbilang sedikit, dia termasuk dalam kategori jenis logam yang langka, oleh sebab itu menjadikan nilainya semakin bertambah. Bayangkan jika ketersediaan emas melimpah, manusia dapat membuat alat masak dari emas, atap rumah dari emas, bahkan pengganjal pintu dari emas, maka emaspun pasti akan menjadi berkurang nilainya, oleh karena ketersediannya yang sedikit makanya manusia rata2 menggunakannya hanya untuk perhiasan dan benda infestasi, terlebih lagi penampilannya menarik karena sifat kinclongnya.
Tapi ada satu jenis emas yang melimpah, apa itu?, ya seperti yang saya sebutkan di atas tadi, yaitu emas jawa berkumis menawan.

6. perak
Seperti saudara tuanya si emas, perak juga merupakan salah satu jenis logam mulia, yang sudah sejak zaman dahulu digunakan oleh nenek moyang kita. Cina adalah contoh dari bangsa yang menggunakan perak sejak dahulu sebagai alat tukar. Nilainya sendiri memang di bawah emas dan dalam tabel periodik memiliki lambang Ag dan nomor atom 47. Lambangnya berasal dari bahasa Latin Argentum. Sebuah logam transisi lunak, putih, mengkilap, perak memiliki konduktivitas listrik dan panas tertinggi di seluruh logam dan terdapat di mineral dan dalam bentuk bebas. Logam ini digunakan dalam koin, perhiasan, peralatan meja, dan fotografi.
Tambang perak terbesar di dunia adalah Olimpiade internasional, jika tidak percaya tonton saja televisi anda pada saat pesta olahraga ini berlangsung, banyak sekali negara negara dari berbagai belahan dunia membawa pulang perak ke kampung halamannya karena berhasil menjadi juara dua.
Menurut informasi yang kami dapatkan dari sumber terpercaya yakni Didi Kempot bahwa perak terbesar di dunia ditemukan di Surabaya, tepatnya adalah Tanjung perak dan lokasinya ada di tepi laut.

7. Giok
giok merupakan salah satu jenis batu mulia dan nilainya sangat berharga terutama bagi bangsa timur seperti Cina dan Korea, bahkan dahulu nilai giok jauh di atas berlian (mungkin yang dimaksud adalah si Berliana Majenun, anaknya pak Dudung Bin Dadang).  Hanya kaum bangsawan dan saudagar kaya raya saja yang mampu memiliki giok karena nilainya yang sangat mahal. Bahkan beberapa dinasti di cina menggunakan giok sebagai stempel kekaisaran. Tetapi sayangnya saat ini semua stempel kerajaan tersebut sudah tidak dapat ditemukan lagi karena para kasim kerajaan sengaja menyembunyikannya agar tidak dapat digunakan oleh Edi Tansil dan Gayus Tambunan.
Bukan hanya keindahanya saja yang bisa kita nikmati dari batu jenis ini. Giok sangat baik dalam dunia kesehatan, terutama untuk terapi karena giok memiliki sifat thermal diffusivity atau sifat menyebarkan panas 0,0160 cm2/detik, jadi kalau dipanasi di satu titik, temperaturnya akan naik lebih cepat dibandingkan dengan beberapa jenis batuan lain.
Karena sifatnya yang gampang panas itulah makanya menjadi sangat tidak masuk akal jika banyak orang yang mempercayai bahwa giok dapat digunakan sebagai pelindung pesawat antariksa untuk melewati atmosfer. Banyak sekali isu yang beredar bahwa ada sekumpulan buyer yang siap membeli giok dengan harga tinggi untuk kepentingan NASA. Yang betul adalah isu tentang giok tersebut sengaja dihembuskan untuk kepentingan kelompok tertentu yang nantinya akan menuai keuntungan belipat dari rumor yang beredar, jangan jangan anda adalah salah satu korban isu tersebut! Ayo ngaku.
Tanpa mempersoalkan segala isu yang beredar, giok tetap akan memiliki keagungan tersendiri, menjadi simbol kesucian, keningratan dan perlindungan.

8. Amber
Sebuah kapsul waktu yang terbentuk secara alami, merupakan fosil dari resin sejenis pohon damar zaman dinosaurus. Amber memiliki nilai yang tinggi karena terdapat beberapa amber yang didalamnya berhasil membungkus serangga jaman prasejarah dan melalui darah yang ada dalam serangga inilah maka seorang billionaire bernama John Hammond berhasil membangkitkan kembali sekumpulan hewan prasejarah diantaranya T-Rex yang mengobrak abrik kota San Diego setelah berhasil lepas dari kapal kargo yang membawanya dari Jurassic Park, tetapi tenang saja karena T-Rex tersebut akhirnya mati terbunuh karena rahangnya berhasil di robek oleh pahlawan kita semua yakni King Kong, horee.
Meski tidak termineralisasi, amber sering digolongkan sebagai sebuah batu permata. Beberapa amber dipercaya berumur lebih dari 345 juta tahun, tua sekali bukan! Bahkan lebih tua dari neneknya Firaun. Banyak ditemukan di daerah Baltik dan oleh karena sifat fosilnya yang tua itu, serta keindahannya bahkan saking indahnya batu ini dipercaya dapat menyehatkan mata jika dipandang secara lama. Akumulasi dari semua itu yang menjadikan benda yang satu ini menjadi perhiasan yang sangat mahal. 

9. Ruby
Dianggap batu alami terkeras setelah intan. Mungkin juga sih, soalnya sampai sekarang belum ada yang berhasil menghancurkan batu ini dengan cara meremasnya dengan telapak tangan. Batu ini tergolong batu yang sangat digemari karena warna merahnya dapat bersinar di tempat gelap dan dapat berpijar jika diterangi sinar ultraviolet.
Merah delima merupakan salah satu julukan populer untuk batu ini terutama di kalangan para pecinta ilmu kebatinan
Ruby Birma (Myanmar) merupakan Ruby paling terkenal dan paling mahal sejagat, karena orang myanmar jago ngebokis kali ya?

10. Zamrud
Memiliki tampilan mirip dengan batu cripton yang dapat melemahkan kekuatan superman, tetapi bedanya kekuatan batu ini hanya memiliki efek pada suparman bukan superman. Jika kepala suparman anda timpuk dengan batu ini dari jarak 10 m dengan sekuat tenaga, maka dijamin suparman pasti akan mengejar anda karena jengkel.
Zamrud merupakan batu permata yang mengandung beryllium dan warna hijaunya disebabkan oleh kelumit kromium.
Batu ini tergolong rapuh dan tidak sekeras Safir atau Ruby yang memiliki tingkat kekerasan hampir 9 Mohs (skala 10).  Walaupun tidak serapuh hati Shiren Sungkar dalam cinta fitri.

0 komentar:

Posting Komentar