Kamis, 09 Mei 2013

5 Hiu Raksasa Terbesar Di Dunia

Berikut ini adalah daftar hiu berukuran terbesar yang kami rangkum dalam artikel 5 Hiu Raksasa Terbesar Di Dunia.
1). Hiu Paus
hiu paus-whale-shark-Hiu Terbesar Di Dunia
Spesies hiu terbesar di dunia adalah Hiu Paus (Rhincodon typus). Ikan yang diperkirakan sudah ada sejak 69 juta tahun yang lalu ini pertama kali ditemukan pada bulan April 1828. Dengan panjang yang mencapai 12,65 meter dan berat 21,5 ton membuatnya menjadi hiu terbesar di dunia, untungnya hiu paus hanya doyan makan plankton. Ikan ini biasa ditemukan berenang di Thailand, Filipina, Maladewa, Laut Merah, Australia, Afrika Selatan, Kepulauan Galapagos, Sri Lanka, dan Puerto Rico. Ikan raksasa ini dapat hidup sampai umur 70 tahun.
2). Hiu Basking
Sharks-Basking-Hiu Terbesar Di Dunia
Hiu dengan ukuran terbesar kedua di dunia adalah Hiu Basking (Cetorhinus maximus). Hiu yang satu ini dapat ditemukan hampir di seluruh samudra di dunia. Ukuran terbesar yang pernah diukur oleh manusia adalah 12,27 meter dengan berat 19 ton. Hiu ini memakan plankton, invertebrata, dan ikan-ikan kecil.
3). Hiu Putih
hiu putih-great-white-shark-Hiu Terbesar Di Dunia
Yang menempati urutan ketiga hiu terbesar di dunia adalah Hiu Putih (Carcharodon carcharias). Dengan panjang 6 meter dan berat 2,24 ton, Hiu Putih adalah mesin pembunuh yang paling mematikan di laut. Banyak ditemukan di samudra-samudra di seluruh dunia, seperti di Australia, Afrika Selatan, Meksiko, Madagaskar, Kenya, Hawaii, dan Karibia. Menu kesukaannya adalah lumba-lumba, paus, singa laut, berang-berang, dan penguin.
4). Hiu Harimau
hiu harimau-tigershark-Hiu Terbesar Di Dunia
Posisi keempat adalah Hiu Harimau (Galeocerdo cuvier). Rata-rata panjangnya adalah 4,2 meter dengan berat 635 kilogram. Hiu ini suka berburu di malam hari dan memakan hampir segala yang ditemuinya, termasuk ikan, burung, hiu kecil, cumi-cumi, kura-kura, dan lumba-lumba. Mereka dapat ditemukan di dekat pesisir khususnya di Samudera Pasifik, utara Jepang, dan selatan Selandia Baru.
5). Hiu Pacific Sleeper
pacific-sleeper shark-Hiu Terbesar Di Dunia
Dan yang terakhir adalah Hiu Pacific Sleepr (Somniosus pacificus). Hiu Sleeper Pacific memakan hampir semua yang ditemuinya, ikan, udang, kepiting, siput, cumi-cumi, salmon, dan gurita. Beratnya bervariasi antara 700 hingga 800 kilogram dan panjang antara 3 hingga 4,4 meter. (bin)

0 komentar:

Posting Komentar