Kamis, 23 Mei 2013

Resep Membuat Pancake


cara membuat pancake
                                                       Ilustrasi Gambar Pancake

1. Tepung terigu 100 gram
2. Susu 200-250 ml
3. Telur 2 butir (pisahkan antara kuning dan putihnya)
4. Margarin
5. Garam
Untuk toppingnya anda bisa menggunakan sirup maupun es krim.
 
Topping Pancake:
  • Es Krim
  • Sirup Maple

Alat yang harus disiapkan :
1. Mixer
2. Teflon
3. Wadah

Langkah atau cara membuat pancake :

1. Buatlah adonan dari terigu, susu dan telur (kuningnya saja). Aduk ketiga bahan tersebut hingga benar-benar tercampur secara merata. Anda bisa memakai mixer agar adonan lebih merata dan anda dapat melakukan aktivitas yang lain.

2. Setelah ketiga bahan tersebut dapat merata pada adonan, anda bisa memasukkan putih telur sedikit demi sedikit. Hindari putih telur tersebut mengental menjadi satu, gunakan teknik pancing untuk mencampur putih telurnya. Jika putih telur dapat tercampur dengan baik, maka adonan pun dapat mengembang dengan baik.

3. Ambil teflon yang sudah anda siapkan tadi, panaskan pada kompor anda. Usahakan anda memakai teflon yang paling kecil agar api dapat merata pada seluruh bagian. Bila sudah panas, anda bisa mengolesi permukaan teflon dengan margarin kemudian kecilkan apinya dan ratakan margarin pada setiap permukaan teflon. Jika teflon kecil tidak ada, gunakan teflon yang berukuran standart.

4. Tuang adonan pada teflon yang telah anda olesi margarin sedikit demi sedikit maksimal 2 sendok sayur, hal ini harus anda lakukan agar adonan tersebut dapat matang pada seluruh bagian. Lalu tutup teflonnya sampai salah satu bagian benar-benar matang, setelah itu buka tutupnya dan balikkan adonan tersebut agar kedua sisi dapat matang sempurna.

5. Bila kedua bagian sudah mengeras, silahkan diangkat dan disajikan kepada keluarga atau tamu yang ada dirumah anda. Jangan lupa untuk memberikan topping diatas pancake tersebut.


 Tips
  • Kunci utama kenapa pancake diatas bisa lembut teksturnya walaupun tanpa menggunakan buttermilk adalah pada pemisahan kuning telur dengan putih telurnya.
  • Untuk mendapatkan pancake yang lebih manis bisa menambahkan 1 sendok makan gula pasir yang diaduk bersama dengan terigu, garam, kuning telur, dan susu.
  • Pancake ini sangat enak bila disajikan hangat-hangat.
  • Bila tidak punya wajan teflon seukuran telur ceplok, bisa mneggunakan wajan teflon biasa walaupun nanti bentuk pancakenya menjadi tidak seragam. Atau bisa juga menggunakan ring/cetakan pancake seperti bentuk bulat, bintang, dll.

0 komentar:

Posting Komentar