Kamis, 09 Mei 2013

5 Negara Terbesar Di Dunia

Berikut ini adalah daftar negara dengan luas wilayah paling luas yang kami rangkum dalam artikel 5 Negara Terluas Di Dunia.
1). Rusia
russia-negara terluas di dunia Rusia merupakan negara semi-presidensial yang terdiri dari 83 wilayah federal. Dengan luas lebih dari 17 juta km², Rusia merupakan negara terluas didunia. Luas negara ini sepadan dengan 1/8 luas daratan di bumi. Populasinya yang sebesar 142 juta jiwa adalah populasi terbesar ke-9 di dunia. Wilayah Rusia membentang di sisi utara benua Asia, hampir separo bagian benua Eropa, memiliki 11 zona waktu, serta beragam jenis lingkungan dan bentang alam. Selain itu, negara superpower ini juga mempunyai cadangan mineral serta sumber energi terbesar didunia. Cadangan hutan serta danaunya merupakan 1/4 dari jumlah keseluruhan cadangan air tawar dunia.
2). Kanada
kanada-negara terluas di duniaDengan luas wilayah hampir 10 juta km², Kanada menempati posisi negara terluas kedua di dunia. Wilayah negara ini menempati sebagian besar bagian dari Amerika Utara. Berbatasan dengan Samudera Atlantik di bagian timur, Samudera Pasifik di bagian barat, Samudra Arktik di bagian utara, serta Amerika Serikat di bagian selatan. Selain wilayahnya yang luas, panjang batas Kanada merupakan yang terpanjang didunia. Penguasaan teknologi serta industrinya yang maju membuat negara ini memiliki ekonomi terdiversifikasi yang tergantung pada sumber daya alamnya yang melimpah serta perdagangan dengan Amerika.
3). Cina
china-negara terluas di duniaCina adalah negara terbesar di Asia dan berpenduduk terbesar didunia dengan sekitar 1,3 miliar jiwa atau sepadan dengan 1/5 dari total seluruh penduduk dunia. Cina memiliki 2 wilayah otonomi khusus yakni Hong Kong serta Maccau. Dengan luas kurang lebih 9, 6 juta km², mempunyai bermacam bentang alam seperti hutan, stepa, gurun, hutan subtropis, dataran tinggi, pegunungan, dan dataran rendah.
4). Amerika Serikat
amerika-negara terluas di duniaAmerika Serikat atau biasa disebut Amerika merupakan negara berbentuk konstitusional republik federal dengan 50 negara bagian serta distrik federal. Negara bagian Hawaii adalah salah satu negara bagiannya yang berupa kepulauan di tengah-tengah Samudra Pasifik. Dengan luas wilayah 9, 83 juta km², Amerika Serikat adalah negara terluas keempat di dunia. Negara ini merupakan negara multikultural dengan bermacam etnis serta kultur bangsa lain.
5). Brasil
brazil-negara terluas di duniaBrasil nyaris menemati 1/2 bagian dari wilayah Amerika Latin. Berbatasan dengan Samudra Atlantik di bagian timur, Brasil mempunyai garis pantai sepanjang 7. 491 km². Negara ini mempunyai banyak kepulauan seperti Fernando de Noronha, Saint Peter, serta Martim Vaz. Negara berbahasa Portugis ini merupakan rumah bagi berbagai satwa liar, tumbuh-tumbuhan, serta sumber daya alam melimpah.

0 komentar:

Posting Komentar