Jumat, 07 Juni 2013

Resep Cara Membuat Caramel

Lapisan karamel yang berwarna bening kecoklatan dan digunakan untuk menghias kue pasti mengundang selera makan Anda. Namun, seringkali, karena penambahan air yang terlalu banyak membuat karamel ini sulit mengeras. Bukan hanya takaran air saja yang kurang tepat, kesalahan lain yang sering dilakukan adalah metode pembuatan yang salah sehingga karamelnya terlalu lengket dan sulit dilepas dari wadah memasaknya.

Agar karamel ini mengeras sempurna, memiliki warna yang cantik, dan tidak terlalu lengket di wajan, ada beberapa trik saat membuatnya. Ini dia:
1. Masukkan gula pasir ke dalam wajan yang sudah dipanaskan sebentar dengan api kecil. Lalu tambahkan air ke dalamnya. Aduk perlahan dengan menggunakan sendok kayu dengan perlahan sampai gula ini larut.

2. Ketika gula sudah larut, terkadang masih ada butiran gula pasir yang menggumpal atau menempel di pinggiran wajan dan susah larut. Butiran gula ini harus dibersihkan agar dalam karamel Anda tidak kasar dan terlihat mulus saat disajikan. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan kuas pastry yang sudah dicelupkan dalam air. Oleskan kuas ini di sisi sekitar wajan tempat butiran gula yang menempel.

3. Setelah sisi wajan bersih, lanjutkan memasak karamel sampai larutan gula ini berubah warna menjadi kecoklatan. Ingat, Anda tak boleh mengaduknya karena bisa merusak konsistensinya. Masak sampai karamel ini sedikit lengket, kemudian angkat. Selagi masih cair bentuk sesuai selera.

Bahan-bahan:1 gelas gula
2 sdm air

0 komentar:

Posting Komentar